Cara Membuat Google Form – Dalam dunia formal, baik pekerjaan maupun pendidikan, pasti kita kerap disuguhkan dengan berbagai metode pengumpulan data dan berbagai survey yang kita butuhkan sebagai bank data sebuah penelitian yang sedang dikerjakan. Biasanya, database yang terkumpul akan dikelompokan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dilakukan selanjutnya. Bisa untuk responden skripsi, database niche sebuah perusahaan, hingga penentu targket market dari suatu produk.
Nah untuk mendukung kegiatan tersebut, maka dibutuhkanlah sebuah formulir yang nantinya akan diisi oleh para responden atau publik target dari pengumpulan data. Di era digital ini, formulir yang digunakan oleh para surveyor tersebut tak lagi dilakukan secara manual. Kini, dengan sebuah teknologi yang canggih, kita sudah bisa membuat sebuah formulir digital melalui fasilitas yang dihadirkan oleh Google, bernama Google Form.
Apa Itu Google Form?
Bagi sejumlah orang, mungkin istilah Google Form masih sangat asing, terlebih bagi Anda yang kini tengah ingin mengetahui cara menggunakannya. Namun jangan khawatir, di sini kami akan menjelaskan secara ringkas mengenai apa itu Google Form beserta fungsinya. Jadi, Google Form sendiri merupakan sebuah layanan yang ditawari oleh Google secara gratis, untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat survey secara online dan digital. Biasanya, Google Form bisa berisikan pertanyaan atau kuesioner sesuai dengan tujuan dibuatnya formulir tersebut.
Cara menggunakan Google Form sangatlah mudah. Dengan hanya mengedit Google Form sesuai dengan apa yang ingin Anda tujukan ke audiens, Anda akan disuguhkan berbagai macam jenis pertanyaan yang akan Anda gunakan nantinya. Lalu jika bisa dibilang, jangkauan dari Google Form sangatlah luas. Pasalnya, hanya dengan bermodalkan link saja, Anda sudah bisa membagikan kuesioner ke berbagai penjuru tempat, tanpa Anda harus menghampiri satu-satu audiensnya.
Anda pun tidak perlu repot-repot untuk mengumpulkan datanya kembali, karena Google akan menyortir dan mengumpulkan informasi tersebut secara otomatis menggunakan sistim yang dimilikinya. Maka dari itu, hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat pertanyaan dari formulir yang akan Anda buat.
Nah setelah mengetahui secara ringkas definisi Google Form, ada baiknya Anda mengetahui lebih rinci lagi terkait fungsinya. Yuk simak fungsi Google Form di bawah ini!
Fungsi Google Form
Seperti yang kami bahas di awal, bahwa dalam kegiatan formal seperti pekerjaan atau bahkan pendidikan, kita pasti disuguhkan dengan banyaknya metode pengumpulan data melalui formulir. Hal itu tentu bisa dilakukan menggunakan Google Form secara mudah. Lalu, apa saja sih fungsi Google Form secara merinci?
Untuk Membuat Kuesioner
Google Form pada umumnya berfungsi untuk membuat sebuah kuesioner. Dalam formulir tersebut, Anda bisa membuat pertanyaan-pertanyaan seputar kritikan, ulasan, saran, feedback, evaluasi, dsb untuk sebuah penelitian, khususnya jika Anda bekerja di perusahaan bidang jasa. Ada pun kuesioner yang kerap digunakan oleh para pebisnis untuk mengetahui target market yang diinginkannya. Selain itu, bagi para pelajar atau mahasiswa, kuesioner kerap digunakan pula sebagai wadah survey penelitian.
Formulir Pendaftaran Kerja
Bagi para recruiter, biasanya Google Form digunakan untuk pengisian formulir pendaftaran kerja calon pelamar. Terlebih ketika memasuki era 4.0, di mana banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mengandalkan teknologi digital daripada manual. Kini, melamar pekerjaan dimudahkan dengan banyaknya fitur online nan’ digital yang membuat para calin pelamar bisa melamar dari rumah saja. Untuk penyortiran datanya, para recruiter biasanya memiliki rumus tersendiri untuk mengumpulkan data-data pelamar.
Lembar Jawaban
Adapun Google Form yang digunakan sebagai lembar jawaban dari sebuah ujian atau test online dari suatu instansi. Biasanya, test atau kuis online tersebut berupa pilihan ganda atau essay, sehingga para pembuat soal dapat dengan mudah menyortirnya dengan Google Spreadsheet.
Itulah beberapa fungsi Google Form yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis. Biasanya, setiap survey yang dilakukan oleh pembuat Google Form, akan disebarkan link nya melalui grup WhatsApp, atau beragam media sosial lainnya. Link yang dibagikan pun akan dibuat lebih simpel dengan cara yang mudah, diseusai dengan tema dan tujuan formulir agar para target audiens dapat mengetahui maksud ditujukannya formulir tersebut.
Nah setelah mengetahui fungsi dari Google Form tersebut, ada baiknya kita mengetahui cara membuat Google Form.
Cara membuat Google Form tentunya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengikuti 5 langkah mudah di bawah ini. Yuk simak!
5 Langkah dan Cara Membuat Google Form
1. Buka Google Drive dan Login
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara membuat Google Form adalah buka aplikasi Google Drive dan login menggunakan akun Google Anda. Setelah itu, klik tombol New yang berada di ujung kiri atas, dan klik Google Formulir atau Google Form.
2. Isi Judul dan Deskripsi Formulir
Setelah membuka Google Form, Anda akan disuguhkan formulir kosong. Isilah judul formulir beserta deskripsi dan tujuan apa yang ingin Anda dapatkan dari formulir tersebut.
3. Buat Pertanyaan
Langkah berikutnya dalam cara membuat Google Form adalah, buatlah pertanyaan yang sesuai dengan tujuan Anda membuat formulir tersebut. Anda bisa memilih berbagai macam pertanyaan seperti pilihan ganda, kotak centang, skala linear, dsb.
4. Dapatkan Linknya
Jika sudah, klik Send yang berada di ujung kanan atas. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link yang merujuk kepada formulir yang Anda buat. Pilih icon surat untuk mengirimnya via email, atau icon rantai untuk membagikan dalam bentuk link.
5. Kirim Linknya
Cara membuat Google Form langkah terakhir adalah, kirim link tersebut ke berbagai target yang ingin Anda capai. Namun sebelum itu, Anda bisa mempersingkat link nya dengan menggunakan bitly. Caranya bisa Anda lihat di sini. Jika Anda tidak ingin mempersingkat linknya, silakan langsung sebarkan saja di berbagai media sosial Anda.
Penutupan dan Kesimpulan
Itulah 5 langkah mudah cara membuat Google Form. Dengan kemudahan fasilitas yang diberikan Google tersebut, maka sudah saatnya Anda memanfaatkannya dengan baik dalam pengumpulan data, responden, dan survey di instansi yang tengah Anda pijaki saat ini. Selamat mencoba!