Brand fashion Balenciaga, baru-baru ini tengah digandrungi kontroversi terkait iklan yang mereka publikasi. Iklan tersebut menampilkan model anak-anak, namun seakan mempromosikan Bondage and Discipline, Dominance and Submission, Sadism and Masochism (BDSM), yaitu sebuah tindakan seksual dengan bumbu kekerasan serta dominasi dari salah satu pasangannya. Iklan itu disebut-sebut sebagai eksploitasi terhadap anak, yang juga mempromosikan tindak BDSM.
Sementara itu, Kim Kardashian, angkat bicara mengenai iklan kontroversial Balenciaga yang terbilang mengeksploitasi anak. Selebriti yang kerap kita ketahui sering memakai brand Balenciaga tersebut mengunggah keterangan mengenai isu yang terjadi di laman Instagram pribadinya. Pada Instagram story nya, Kim mengatakan bahwa dirinya merasa jijik dan marah atas kampanye Balenciaga. Maka dari itu, dirinya akan berbicara dengan tim Balenciaga untuk memahami bagaimana hal tersebut bisa terjadi.
Seperti yang diketahui, para netizen dan fans dari Kim Kardashian sempat kecewa, karena lamanya Kim Kardashian dalam nenanggapi isu kontroversi Balenciaga ini. Meski begitu, akhirnya idola mereka pun angkat bicara, dan merasa turut bertanggung jawab atas kampanye yang dilakukan Balenciaga, meski bukan kesalahan dirinya. Kim juga mengaku, bahwa sebagai seorang ibu dari empat orang anak, ia merasa kesal dan jijik terkait konsep foto tersebut, yang seakan menormalisasi eksploitasi terhadap anak.
Dampak dari hal tersebut, Kim mengatakan bahwa dirinya akan mengevaluasi hubungan kerja samanya bersama Balenciaga. Meski begitu, di sisi lain, Kim juga berusaha mengapresiasi respon yang dilakukan Balenciaga, yang segera menghapus foto tersebut ketika ramai menjadi sorotan publik. Ia pun yakin bahwa pihak Balenciaga menyadari pula, akan betapa seriusnya isu tersebut.
Sementara itu, pihak Balenciaga akhirnya buka suara terkait kontroversinya. Balenciaga mengaku mengutuk pelecehan dan eksploitasi anak, dan menyatakan permintaan maafnya.
“Kami ingin mengatasi kontroversi seputar kampanye iklan kami baru-baru ini. Kami sangat mengutuk pelecehan anak; tidak pernah ada niat kami untuk memasukkannya ke dalam narasi kami, ” ujar pihak Balenciaga, pada hari Senin (28/11/22).
Balenciaga pun akan melakukan investigasi internal dan eksternal, karena mereka mengatakan bahwa adanya keterlibatan pihak ketiga dalam pembuatan iklan yang biasa dilakukan oleh Balenciaga sendiri.