Cara Membatalkan Pesanan di Gojek – Berkembang pesatnya teknologi digital membuat semua hal yang melibati masyarakat di era sekarang menjadi serba mudah. Para perusahaan start-up pun seakan tidak mau kalah, turut bersaing sesamanya untuk menciptakan ide-ide digitalisasi baru yang bisa masyarakat manfaatkan kegunaannya.
Hal itu dibuktikan sejak lima tahun yang lalu, di mana masyarakat Indonesia sudah mulai dibiasakan untuk melakukan sesuatu yang serba online. Masyarakat seakan dipaksa mengikuti alur zaman, dan tentunya bukan hal yang merugi pula dalam beradaptasi di lingkungan kepesatan industri digital ini.
Pasalnya, jika masyarakat tidak mengikuti dan berusaha beradaptasi, maka masyarakat sendirilah yang akan mengalami dampaknya. Berhubungan dengan hal itu, hampir setiap saat, para perusahaan start-up terus memunculkan satu per satu platform digital andalannya. Kehadiran platform-platform digital itu disebutkan akan selalu menjadi simbiosis mutualisme, antara perusahaan, konsumen, hingga pekerja.
Salah satu platform digital yang saat ini tengah digemari masyarakat adalah Gojek, sebuah layanan transprtasi online yang memiliki sejumlah manfaat bagi masyarakat itu sendiri. Menariknya, Gojek tak hanya memiliki layanan transportasi online saja, melainkan pesan-antar makanan, dan layanan-layanan lainnya.
Dengan hadirnya Gojek, masyarakat seakan terbantu dari beberapa sisi, yaitu ada yang terbantu dari sisi pekerjaan – sebagai driver, ada yang terbantu dari segi pendapatan – sebagai merchant, dan ada yang terbantu dari segi kemudahan fasilitas kebutuhan – sebagai konsumen. Kami pun sangat yakin bahwa Anda yang membaca artikel ini sudah mengenal Gojek sejak setidaknya beberapa tahun ke belakang ini.
Sebelum kita mengulas lebih dalam tentang Gojek dan bagaimana cara kerja aplikasinya, simak dulu yuk kiprah aplikasi tersebut di bawah ini!
Kiprah dan Sejarah Singkat Gojek di Indonesia
Gojek pertama kali beroperasi di kawasan DKI Jakarta, pada tahun 2010 lalu. Kemacetan Ibu Kota yang selalu menjadi momok bagi para pengguna jalan raya seakan tersolusikan oleh hadirnya Gojek. Tapi, tak semudah itu bagi Gojek untuk melengkapi kebutuhan masyarakat, lantaran hadirnya aplikasi yang memiliki ciri khas warna dominan hijau itu menuai pro dan kontra.
Namun seiring berkembangnya zaman, beberapa orang yang kontra akan kehadiran Gojek tentunya semakin merasakan dampak positifnya. Maka dari itu pada tahun 2014, Nadiem Makarim, sang Founder, mulai menyempurnakan sistim Gojek itu sendiri.
Pada tahun 2015, Gojek meluncurkan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati fitur dan fasilitas yang ada. Gojek sendiri mengikuti dan berinfluence kepada aplikasi-aplikasi transportasi online yang sudah ada sebelumnya di luar negeri, seperti Uber.
Kini Gojek Indonesia sudah memiliki banyak sekali fitur, mulai dari GoRide, GoCar, GoBox, GoFood, dan lain-lain. Untuk pembayaran pun Gojek sudah menghadirkan fitur non-tunai yang simpel, yaitu Gopay. Gopay sendiri merupakan dompet virtual sebagai wadah penyimpanan uang non-tunai atau cashless yang bisa digunakan untuk membayar berbagai transaksi yang berkaitan dengan layanan di aplikasi Gojek.
Nah setelah mengetahui ulasan tentang sejarah singkat Gojek di atas, yuk kita simak cara kerjanya di bawah ini!
Sebetulnya, cara kerja Gojek sangatlah mudah. Anda hanya tinggal memesan via aplikasi, menunggu konfirmasi driver, lalu menunggu driver tersebut menjemput Anda. Kira-kira, beginilah tahapannya:
- Download dan Install aplikasi Gojek di smartphone Anda
- Login atau Registrasi jika Anda belum mempunyai akun Gojek
- Buka aplikasi Gojek, lalu pilih menu GoRide
- Tentukan lokasi yang menjadi tujuan Anda
- Tentukan lokasi penjemputan (ini akan terdeteksi otomatis, tapi pastikanlah 2x bahwa lokasi Anda sudah benar)
- Cek harga yang tertera, lalu pilih metode pembayaran (tunai atau non-tunai)
- Tunggu driver mengkonfirmasi
- Tunggu driver menjemput
- Selesai!
Nah, lantas kalau sudah memesan tapi terdapat input data alamat atau lokasi yang salah, bisakah kita membatalkan orderannya? Jawabannya adalah bisa! Begini caranya
- Pada tampilan pemesanan, tarik garis abu-abu yang berada di atas profil driver
- Di sana akan muncul menu detail
- Klik Batalkan Pesanan
- Pilih salah satu alasan mengapa Anda membatalkan pesanan
- Klik Ya
- Selesai
Begitulah cara mudah dan simpel untuk membatalkan pesanan di Gojek. Semoga membantu ya!