Cara Melihat Orang yang Membagikan Postingan Kita di IG – Statistik sebuah postingan di Instagram memanglah penting bagi seorang pebisnis, maupun public figure. Hal itu dikarenakan statistik Instagram kini telah menjadi indikator berhasil atau tidaknya sebuah bisnis atau seorang public figure melaksanakan strategi marketingnya di Instagram. Selain itu, jika kita ingin bekerja sama dengan pihak eksternal seputar endorsement hingga sponsorship, yang dilihat pertama kali adalah statistik sosial medianya.
Berkaitan dengan hal tersebut, di era yang serba digital ini para pebisnis, pedagang, dan public figure memang sudah mulai meningkatkan dan memperbanyak kolam serta target marketnya masing-masing, salah satunya di Instagram. Hal itu ditandai dengan maraknya trend jual beli online, transaksi online, iklan online, dsb sejak 10 tahun ke belakang. Momentum ini sangatlah bagus untuk dimanfaatkan oleh para sosial media marketing.
Dalam budaya dan trend belanja online, di mana pun platformnya tentu bisa menjadi medium serta kolam bagi Anda para penjual. . Ada yang bermain di marketplace, ada pula yang bermain di sosial media. Namun perlu Anda ketahui pula, bahwa setiap platform memiliki gaya, identitas, dan cara nya masing-masing untuk berjualan.
Pasalnya, Anda tidak bisa menggunakan gaya jualan grup jual beli Facebook pada platform Instagram. Target dan audiens dari masing-masing platform sangatlah berbeda. Untuk itu, tentunya setiap platform menghadirkan fitur “Insight” yang bisa kita riset – khususnya untuk engagement, data followers, usia, dsb. Maka, Anda akan bisa menentukan segmentasi target market Anda sesuai data yang Anda peroleh. Insight juga bisa digunakan untuk mengetahui berapa orang yang menyimpan postingan kita, dan berapa orang yang membagikan postingan kita.
Sebagai informasi, masing-masing platform memiliki fitur “Business” nya sendiri, dan rata-rata fitur tersebut sangatlah mendukung Anda para pemilik bisnis dan usaha untuk mengembangkan produk jualannya. Ada WhatsApp dengan WhatsApp Business nya, ada Facebook dengan Facebook Businessnya, dan ada Instagram dengan Instagram Businessnya.
Kali ini, kami akan lebih fokus mengulas di Instagram Business. Untuk dapat mengetahui insight dari setiap postingan, akun Instagram Anda wajib didaftarkan sebagai akun Instagram Business terlebih dahulu. Jika terlanjur sudah daftar sebagai akun personal, Anda bisa menggantinya dengan Instagram Business. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa kami tidak menyarankan Anda mengganti akun personal Anda menjadi akun Instagram Business. Hal itu menyebabkan engagement dan insight yang didapat akan tercampur.
Maka dari itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membuat akun bisnis Anda dari nol saja, agar semua insight dan engagement yang didapat murni serta organik.
Berikut adalah cara untuk membuat akun Instagram Business:
- Pertama, daftarkan akun Anda dengan email khusus bisnis Anda
- Setelah akun Instagram terdaftar, maka klik profil Anda
- Klik settings
- Pilih menu account, lalu klik switch to professional account
- Klik continue lalu pilih antara business atau creator
- Masukkan alamat email bisnis Anda
- Klik Next
- Klik Ok
Berikut adalah cara mengetahui siapa yang menyimpan, bereaksi, hingga membagikan postingan kita:
- Buka halaman profil Instagram Anda
- Klik salah satu foto atau postinga yang ingin Anda ketahui
- Klik view insight
- Anda akan diberikan statistik dari engagement postingan tersebut, termasuk berapa orang yang menyimpan foto Anda.
Begitulah cara mudah untuk mengetahui statistik, insight, dan engagement dari setiap postingan di Instagram Anda. Semoga membantu ya!