Cara Melihat Jangkauan Instagram – Seiring berkembangnya zaman, para pebisnis dan pedagang mulai meningkatkan dan memperbanyak kolamnya masing-masing. Salah satu hal yang menjadi trend sejak 5-7 tahun ke belakang adalah belanja online. Maka dari itu, para pebisnis mulai memanfaatkan kesempatan ini untuk melebarkan sayapnya.
Dalam belanja online, apapun bisa menjadi mediumnya selama Anda bisa menguasai cara bermainnya. Ada yang bermain di marketplace, ada pula yang bermain di sosial media. Namun perlu Anda ketahui pula, bahwa setiap platform memiliki gaya, identitas, dan cara nya masing-masing untuk berjualan.
Pasalnya, Anda tidak bisa menggunakan gaya jualan grup jual beli Facebook pada platform Instagram. Target dan audiens dari masing-masing platform sangatlah berbeda. Untuk itu, tentunya setiap platform menghadirkan fitur “Insight” atau jangkauan yang bisa kita riset – khususnya untuk engagement, data followers, usia, dsb. Maka, Anda akan bisa menentukan dan men-segmen kan target market Anda sesuai data yang Anda peroleh.
Perlu diketahui pula bahwa masing-masing platform memiliki fitur “Business” nya masing-masing, dan rata-rata fitur tersebut sangatlah mendukung Anda para pemilik bisnis dan usaha untuk mengembangkan produk jualannya. Ada WhatsApp dengan WhatsApp Business nya, ada Facebook dengan Facebook Businessnya, dan ada Instagram dengan Instagram Businessnya.
Kali ini, kami akan lebih fokus mengulas di Instagram Business. Untuk dapat mengetahui insight dari setiap postingan, akun Instagram Anda wajib didaftarkan sebagai akun Instagram Business terlebih dahulu. Jika terlanjur sudah daftar sebagai akun personal, Anda bisa menggantinya dengan Instagram Business. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa kami tidak menyarankan Anda mengganti akun personal Anda menjadi akun Instagram Business. Hal itu menyebabkan engagement dan insight yang didapat akan tercampur.
Maka dari itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membuat akun bisnis Anda dari nol saja, agar semua insight dan engagement yang didapat murni serta organik.
Sebelum kita mengulas lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui apa itu Insight Instagram terlebih dahulu di penjelasan di bawah ini.
Jadi, insight atau jangkauan pada Instagram adalah fitur yang menyediakan data mengenai konten yang Anda buat, seperti demografi followers dan engagement konten. Dengan fitur ini, Anda lebih bisa mengatur, mengukur, hingga menetapkan performa strategi pada bisnis Anda. Untuk bisa melakukan itu, Anda hanya harus cek jangkauanInstagram Anda secara berkala.
Lalu bagaimanakah cara melihat jangkauan Instagram?
Cara Melihat Insight atau Jangkauan Konten
- Lakukanlah login di aplikasi Instagram Anda.
- Pastikan akun IG Anda sudah merupakan akun bisnis Instagram.
- Buat konten sesuai kebutuhan Anda, bisa InstaStory, postingan feeds, IGTV, Reels, atau jenis konten lainnya.
- Jika sudah terposting, buka konten yang telah Anda buat.
- Untuk InstaStory, silahkan Anda buka story Anda dan scroll ke atas.
- Klik logo statistik yang berada di bawah story Anda, maka akan terlihat insight dari konten Anda.
- Untuk postingan feed, Anda bisa buka postingan di profil Anda kemudian klik “View Insights”.
- Jika sudah, maka data analitis dari konten Anda akan ditampilkan.
Cara Melihat Insight atau Jangkauan Akun
- Login menggunakan akun Instagram Anda.
- Pastikan akun Anda sudah menjadi Instagram Business Account.
- Buka profil Instagram Anda dan klik tombol “Insight” yang ada di bawah bio Instagram Anda.
- Pilih rentang waktu yang Anda ingin lihat degan mengklik tombol “Last 7 Days” yang ada di pojok kanan atas.
- Jika sudah, tentukan periode yang Anda ingin lihat insight-nya.
Berikut adalah cara-cara yang tepat untuk mengukir, mengetahui, dan melihat jangkauan atau insight Instagram Anda. Semoga membantu!