Cara melihat insight Instagram – Media sosial Instagram kini menjadi sangat populer diberbagai kalangan, entah itu fungsinya untuk sebagai pengis waktu luang atau bahkan sebagai usaha.
Instagram juga sama seperti media sosial lainnya, Instagram bisa dianalisis terutama untuk kamu yang menggeluti bisnis, terutama disegi marketing.
Dengan menagalisis data-data yang ada di Instagram tentang interaksinya, kamu bisa mengembangkan bagaimana bisnis kamu kedepannya dengan penentuan pasa yang baik. Tapi hal ini tak semua pengguna Instagram menengerti, krena untuk orang awam pasti bingung untuk membacanya.
Insight di Instagram merupakan alat analitik Instagram yang menyediakandata mengenai demografi pengikut, tindakan dan konten yang kamu buat, dengan adanya insight ini kamu bakalan lebih mudah dalam melakukan analisis tentang Intagram, salah satunya mengukur efektivitas kampanye.
Terdapat 3 cara dalam melihat insight yaiut. Lalu bagaimana cara melihat Insight Instagram, simak langkah ini:
- Melalui beranda akun Instagram bisnis dengan klik ikon grafik batang yang ada di pojok kanan atas.
- Melalui view insght di bagian pojok kiri bawah postingan konten kamu untuk mengaanalisis postingan.
- Melihat insight dari story Instagram di bagian pojok kiri bawah.
Lalu untuk emngetahui lebih detailnya, seperti ini:
1. Insight Instagram yang terletak dalam berenda akun
reach account
Reach account merupakan jumlah unique user yang telah melihat postingan kamu, adapun data-data lengkap seperti yang di bawah ini:
- Impressions, data untuk mengetahui seberapa sering postingan kamu dilihat dalam jangka waktu seminggu.
- Profile visit, data yang menampilkan tentang total tampilan profil yang dikunjungi oleh followers dalam seminggu.
- Website taps atau click adalah untuk mengetahui berapa kali pengunjung mengklik tautan situs di profil beranda Instagram kamu.
- Call/email clicks, untuk mengetahui seberapa sering pengunjung mengeklik tombol call to action untuk menelepon atau mengirimkan email dari laman profil Instagram kamu.
- Top post adalah postingan konten yang paling banyak mendatangkan reach dari followers.
- Top stories, postingan Instagram Stories yang paling banyak mendatangkan reach dan engagements dari followers.
- Top Instagram TV, adalah postingan Instagram TV dengan reach dan engagement paling tinggi.
Content Interactions
Content interactions adalah data yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak interaksi yang dilakukan oleh followers melalui postingan kamu, baik dengan melakukan like, comment, save dan share.
Total followers
Selanjutnya adalah dengan mengetahui seberapa besar pertambahan atau penurunan followers Instagram kamu dalam waktu seminggu melalui data total followers. Data ini bisa kamu lihat dengan menyentuh tanda panah pada bagian total followers tadi lalu akan muncul data followers breakdown.
Total konten yang dibagikan
Masih di laman Instagram Insight yang ada di beranda, kamu juga bisa menemukan total konten, Instagram Story dan Instagram TV yang sudah dibagikan dalam waktu seminggu ke belakang.
2. Melihat insight Instagam melalui psotingan
Dengan kamu mengklik tombol view insight disalah satu konten kamu, hal ini bisa mengetahui data dari post insight, yang meliputi, profile visit, likes, comment, share, save dan jumlah reach.
Jika kamu scroll kebawah maka kamu akan melihat discovery, ini merupakan data yang memberitahu kamu darimana pengikut menemukan postingan kamu.
3. Melihat insight Instagram melalui stories Instagram
Jika kamu ingin membaca Instagram insight melalui fitur stories, kamu cukup membuka Instagram Stories dan mengklik tombol seen di pojok kiri bawah.
Dari sini kamu dapat melihat siapa yang telah melihat stories kamu, total tayangan jangkauan dan tindakan pengikut di stories kamu.