BCA Mobile atau M-Banking BCA, yang berada di bawah naungan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menyatakan bahwa sedang adanya kendala layanan dalam aplikasi BCA Mobile, pada Senin (1/8/22) kemarin. Masalah tersebut membuat beberapa nasabah mengeluhkannya di lama sosial media yaitu Twitter. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa layanan BCA Mobile yang error dikarenakan di-blokir Kominfo.
Banyak pengguna Twitter yang mengungkapkan bahwa layanan perbankan via mobile tersebut mengalami kendala. Hal itu membuat beberapa nasabah yang biasa melakukan transaksi keseharian jadi tersendat. Pasalnya, aplikasi M-Banking tersebut kerap sekali mengalami force closed saat tengah mencoba login.
Bahkan, keluhan netizen tersebut membuat BCA Mobile menjadi salah satu trending topics pada laman Twitter. Dituturkan oleh salah seorang netizen dalam unggahannya, yang mengungkapkan dirinya menjadi kesulitan dalam mengisi ulang e-wallet melalui layanan BCA Mobile. Selain itu, banyak pula yang menyayangkan kejadian tersebut yang seakan terus berulang. Masalahnya, kejadian itu kerap terjadi tak lama setelah gaji dikirim.
Pemberitahuan yang diterima oleh para nasabah lewat aplikasi BCA Mobile mereka mengatakan adanya pemeliharaan jaringan, yang menjadi rutinitas pihak BCA pada setiap bulannya. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan layanan yang lebih baik lagi dari pihak BCA Mobile.
Meski begitu, jam offline BCA Mobile di jam-jam pagi, siang, hingga sore merupakan hal yang jarang sekali terjadi. Jika ada pemeliharaan jaringan pun biasanya BCA melakukan hal tersebut pada dini hari.
Bertepatan dengan hal tersebut, layanan BCA lainnya seperti Internet Banking (KlikBCA, dan aplikasi myBCA, serta ATM BCA tidak memiliki kendala apapun, sehingga para nasabah berbondong-bondong untuk melakukan transaksi pada alternatif lain tersebut. Adapun mesin-mesin ATM yang terlihat penuh pada Senin (1/8/22) malah hari kemarin, akibat banyaknya nasabah yang ingin melakukan transaksi di jam-jam tersebut.
Sementara itu pihak BCA yang diwakili oleh Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Hary meminta maaf atas terganggunya layanan BCA Mobile. Meski begitu, ia mengatakan bahwa mulai dari Selasa (2/8/22) pagi, layanan BCA Mobile sudah berjalan normal seperti biasanya.